Komputer Pc Restart Sendiri dan Cara Memperbaiki

Komputer atau Pc Restart sendiri dan cara memperbaiki nya sangat mudah sekali, tapi kita harus tahu terlebih dahulu dimana letak kerusakannya sehingga menyebabkan Rebooting, dengan ini andapun tidak perlu membawa pc anda ke teknisi koptr untuk mengatasi masalah tsbt, Kejadian pc yang reboot tiba-tiba ini memang membuat kita jengkel, apalagi saat kita sedang asik main game atau sedang mengetik tugas dan lupa belum kita save, alamak sungguh sangat tidak mengenakkan kejadian ini bukan? Ok berikut ini adalah masalah-masalah penyebab pada komputer yang mengalami restart dengan sendirinya.


komputer restart sendiri

Kerusakan Pada System Kelistrikan

Listriklah yang harus anda periksa pertama kali, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik anda. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik anda, colokkan avo meter pada listrik dinding anda, apakah sudah mencapai 220 V , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 - 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer anda akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka anda harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Karena Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory.

Power Supply Rusak

Power suply Komputer
Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik - turun dan tersendat - sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer anda akan restart.

► Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip - kedip segeralah ganti power supply anda.
dan jika anda rasa system kelistrikan pada komputer/pc anda baik-baik saja tapi masih juga sering RESTAR-REBOOT maka anda coba Solusinya berikutnya.

Pc-Komputer Restart Sebelum Masuk Pada Windows

Hal ini disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang anda pakai kurang besar / rusak.
► Solusi : Jika rusak pada system operasi windowsnya maka anda harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

Restart saat Main Games ( Low / Bad Memory )

Saat anda menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer anda maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan anda main games yang besar dan anda menjalankan Multi Tasking misalna main games dan membuka program - program yang lainnya yang menyebabkan memory anda bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer anda lumayan banyak dan terkadanf komputer anda akan menjadi berat.
► Solusi : Tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan restart.

Processor Panas

Bila CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer resrat, cek suhu CPU anda pada sistem BIOS, suhu normal berkisar antara 45º - 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya
► Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 rb-an.

Program Crash / Virus-Malware

Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang anda install dengan spesifikasi komputer anda, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari,
► Solusi : Ganti komputer lama anda dengan komputer (Update) yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

Na sobat semua itulah beberapa cara untuk mengatasi sebuah komputer atau Pc anda yang sering mengalami Restart sendiri dan semoga bisa membantu anda, dikumpulkan dari berbagai Sumber.

Ayo TANGKAP peluang bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini
Ayo TANGKAP peluang bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini

5 Responses to "Komputer Pc Restart Sendiri dan Cara Memperbaiki"

  1. thank's yah atas informasinya follow blog saya yah torkishalomoan.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  2. Makasih sekali informasi ini gan. Karena dari tadi komputer aku restart terus dan ini dah hampir 1 jam dia restart terus. Dan begitu bisa normal sedikit langsung aku googling penyebab pc itu restart sendiri.

    Thx

    ReplyDelete
  3. dah semingguan pc restar trz,yg pastinya ketika modem di masukan dan belum sempurna buka browser pc trz restar,kira2 ap penyebabnya

    ReplyDelete
  4. makasih banyak ne gan aduh bener2 solusi yg bagus

    ReplyDelete
  5. mkasih bnyak gan atas solusi2 nya

    ReplyDelete