Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Limbah Plastik

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas atau Limbah Plastik. - Namun tahukah anda dibalik bahan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia ini tersimpan banyak bahaya lho.., Tahukah sobat, Ternyata Limbah Plastik itu Baru bisa terurai oleh tanah setelah melewati masa 1000 tahun lamanya. bayangkan ada berapa juta ton sampah plastik yang ada didunia saat ini, bila limbah ini tidak ditangani dengan baik maka bisa menyumbat saluran air dan paling parah bisa juga menyebabkan banjir. Karena itu, saat ini pengurangan penggunaan bahan plastik menjadi bagian dari program GO GREEN DI DUNIA..

bahan plastik

Aneka Barang Kerajinan Dari Limbah Plastik

Saat ini diindonesia banyak orang melakukan aksi tanpa penggunaan kantong plastik, bahkan juga dilakukan semacam pelatihan untuk mendaur ulang Barang bekas/limbah plastik sehingga bisa bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis, yaitu dengan membuat barang-barang yang bisa digunakan lagi seperti : TAS, LAUNCH BOX, TOILETRIES, MAP FOLDER, TEMPAT CD MOBIL, TEMPAT PENSIL, TAS SLEMPANG, DOMPET KAIN, JAS HUJAN, TEMPAT SAMPAH dan SANDAL. di satu sisi kerajinan daur ulang ini bisa mengurangi sampah plastik, namun kita juga harus mengurangi penggunaan bahan pembungkus dari plastik ini. karena kalau ini tidak kita lakukan ya percuma saja kita mendaur ulang limbah plastik kalau produksi plastik terus saja meningkat. Ketrampilan utama yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari limbah plastik ini adalah anda bisa menjahit dengan mesin, kalupun tidak bisa juga bisa anda lakukan dengan manual, yaitu menjahit dengan tangan, akan tetapi cara ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak bisa memperoleh hasil kerajinan yang optimal.

Mengolah Plastik Menjadi Kerajinan Unik

Langkah awal mengolah sampah plastik untuk bisa lebih menjadi bermanfaat yaitu dengan memisahkan sampah yang kering dan basah. Selanjutnya sampah kering seperti bungkus minuman ringan seperti kopi, susu, deterjen, pewangi pakaian, mie instan dll dibersihkan terlebih dulu. Kemudian plastik-plastik yang telah dicuci tersebut dikeringkan setelah kering kemudian dipotong-potong seperti pola barang kerajinan yang akan dibuat/dinginkan. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat. langkah selanjutnya adalah menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit. Produk kerajinan daur ulang sampah plastik kering INI tidak saja Diminati oleh kalangan masyarakat menengah dan bawah, tapi juga kalangan menengah atas bahkan sekarang bisa sampai menembus pasar internasional.

Dan semoga dari artikel diatas bisa menginspirasi anda untuk membuat usaha kerajinan dari bahan plastik bekas. karena saya rasa untuk ketersediaan bahan baku ini sangatlah melimpah, selain bisa mengurangi pencemaran lingkungan, anda juga bisa mendapatkan uang tentunya. OK SELAMAT BERKREASI.
Ayo TANGKAP peluang bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini
Ayo TANGKAP peluang bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini

3 Responses to "Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Limbah Plastik"